Day 16 #30DayWritingChallenge

You are allowed to change one thing in your life. What will it be?

Day 16 #30DayWritingChallenge

Setelah lulus SMP, aku nggak punya tujuan mau lanjut sekolah di mana. Bukan benar-benar nggak punya, ada, tapi ternyata nilai yang aku dapet dari UN nggak cukup untuk daftar masuk ke sana. Setelah itu aku jadi benar-benar nggak punya tujuan sama sekali. Dan akhirnya, aku “nebeng” tujuan temanku untuk daftar ke sekolah yang dia mau, dengan jurusan yang sama juga. Bisa dibilang ikut-ikutan, lah.

Ketika sekolah udah berjalan kira-kira satu bulan aku baru mulai ngerasa menyesal. Mulai mempertanyakan kenapa aku bisa sekolah di sini dan pilih jurusan yang sama sekali nggak aku suka. Setiap harinya aku ngerasa nggak mau berangkat sekolah dan waktu sekolah pengin buru-buru pulang ke rumah. Sekolah 3 tahun kerasa lama banget karena yang selalu aku pikirin bisa cepat-cepat lulus. Cuma gara-gara aku salah ambil keputusan, aku jadi harus merelakan masa-masa indah sekolahku berhenti di SMP doang.

Jadi, kalau aku diizinkan untuk mengubah satu hal dalam hidupku, itu adalah keputusanku untuk memilih sekolah. Selain karena aku menyesal sama sekolah dan jurusan yang aku pilih, aku juga nggak harus menyia-nyiakan 3 tahunku untuk belajar hal yang nggak ada kaitannya dengan hal yang aku suka. Bahkan semua yang aku pelajari selama 3 tahun nggak ada yang aku inget sampai sekarang.

Mungkin aku akan belajar lebih keras supaya nilai yang aku dapat cukup untuk daftar ke sekolah yang aku mau. Kalaupun emang masih nggak cukup, seenggaknya aku harus punya pilihan sekolah lain dan nggak bergantung sama keputusan orang lain.

Ah, tapi itu udah masa lalu, keinginanku untuk lulus dari sekolah itu juga udah tercapai. Nggak ada lagi penyesalan dalam diriku karena aku udah berdamai dengan itu semua. Lagi-lagi aku harus bilang kalau menyesal untuk sesuatu yang udah terjadi itu nggak ada gunanya. Kadang berjalan baik, kadang berjalan buruk, emang begitulah hidup.

Tulisan ini adalah bagian dari 30 Day Writing Challenge, di mana aku akan menantang diri sendiri untuk konsisten menulis selama 30 hari penuh dengan pertanyaan atau topik yang sudah disiapkan setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!!