Hobi ketika Pandemi

Masa pandemi kaya gini, banyak orang yang bosen di rumah mulu dan banyak banget waktu luangnya. Buat ngisi waktu luang itu pasti pada nyari kesibukan yang berujung dapet hobi baru. Hobinya pun macem-macem; ada yang sepedahan, masak, berkebun, nyusahin orang tua, taruh handuk basah di kasur, makan indomie pakai nasi dan lain-lain.

Aku juga dapet hobi baru, yaitu Photography lebih khususnya Street Photography. Dibilang hobi baru juga sebenarnya enggak, soalnya dulu tahun 2017 pernah ikut acara @indonesia6am di Malioboro. Dari situ aku mikir, “Street Photography itu ternyata seru juga”. Tapi itu cuma omong kosong belaka, abis itu nggak pernah hunting foto lagi haha.

Malioboro, May 2017
Ini hasil fotoku waktu pertama kali cobain Street Photography.

Dulu, beli kamera niatnya pengin bikin-bikin video. Kameranya aja aku pilih emang yang—menurutku—bagus buat bikin video. Tapi, setelah bikin 5 video kayanya aku sadar aku nggak bakat jadi Videographer haha.

Kurang lebih 4 tahun itu kamera nganggur (kaya yang punya), sampai lensanya berjamur. Untung dikit, kalau jamurnya banyak udah aku goreng jamur krispi, nih. Setelah tau lensaku berjamur, bulan Agustus aku ada niatan mau ke Malioboro lagi buat hunting foto sendirian. Tapi, yaaa, gitu deh, ujung-ujungnya cuma wacana doang. Biasa, alesannya males keluar rumah.

Sebulan kemudian, 13 September kemarin temanku ngajakin hunting foto, terus inget “oh iya, kemarin kan aku kepikiran mau hunting foto lagi.” Udah deh, makin semangat aku kalau ada temannya. Hari Minggu, 27 September aku berangkat sendiri ke Malioboro. Iya, jadinya sendirian. Soalnya waktu itu temanku tiba-tiba nggak bisa dateng. Ditambah aku berangkatnya kesiangan, karena harus bikin mie dua bungkus pakai telur setengah mateng dulu.

Pokoknya drama banget hari itu. Mana hasil fotonya Over Exposure semua lagi, gara-gara mataharinya udah terik dan salah setting kamera. Kalau exposure-nya bisa dibagi, udah aku bagi-bagi ke Influencer yang membutuhkan, nih.

Malioboro, September 2020
Malioboro, September 2020

Minggu depannya janjian lagi sama temanku ke Plaza Ambarrukmo, tepatnya tanggal 4 Oktober. Kali ini beneran sama temanku, nggak sendirian lagi. Di sini aku baru dapet foto-foto yang bagus. Ini hasilnya:

Plaza Ambarrukmo, October 2020
Plaza Ambarrukmo, October 2020

Udah satu aja. Kalau kalian mau liat hasil foto-fotoku yang lainnya, bisa langsung ke halaman Gallery. Atau, bisa juga liat di Instagram-ku, @notdika. Masa iya cuma liat-liat doang nggak sekalian follow? Haha.

Lumayan dapet hobi baru, bisa belajar hal baru. Emang dasarnya aku orang yang suka belajar hal baru. Walaupun nggak tau hobi ini mau bertahan berapa lama, karena aku juga orangnya gampang bosen. Seenggaknya, untuk sekarang ada kesibukan ngedit foto hasil hunting dan belajar ngulik tones warna di foto. Biar kegiatanku nggak cuma bikin mie dua bungkus pakai telur setengah mateng doang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!!