Day 11 #30DayWritingChallenge

What is the biggest lesson you learned till now?

Day 11 #30DayWritingChallenge

Setiap orang sebelum mencapai sesuatu dalam hidupnya pasti mengalami yang namanya proses. Dalam sebuah proses banyak sekali pelajaran yang dapat diambil dari setiap kejadiannya. Ketika berbicara soal pelajaran hidup, itu nggak hanya mengacu pada kenangan yang menyenangkan, melainkan mengingatkan pada kegagalan dan kesalahan yang pernah dialami. Hidup terus berjalan dan masalah akan terus datang nggak ada habisnya.

Banyak sekali kejadian yang aku alami selama aku hidup yang akhirnya membuat aku belajar, salah satunya adalah mengatur keuangan.

Waktu SMP aku pernah punya penghasilan sendiri yang terbilang cukup banyak. Mungkin gara-gara lagi seneng-senengnya pegang uang aku jadi orang yang sangat konsumtif. Nggak tau lagi seneng atau nggak ngerti sama sekali soal cara mengatur uang aja. Setiap punya uang pasti langsung untuk beli sesuatu, padahal juga nggak butuh-butuh amat. Pokoknya nggak peduli besok tiba-tiba ada kebutuhan yang darurat.

Miris kalau inget aku di zaman itu. Pengin rasanya pakai mesin waktu untuk ngasih tau ke diri aku di masa lalu, tapi sayangnya itu cuma fantasi belaka. Aku juga udah berdamai dengan kesalahan yang pernah aku perbuat dulu. Yang bisa aku lakukan sekarang hanya berusaha untuk memperbaiki karena kalau mau menyesal juga nggak bakal ada artinya.

Walaupun masih belajar, seenggaknya sekarang aku udah mulai peduli dengan uang. Mulai nabung untuk masa depan, mulai menghitung pengeluaran setiap bulan, dan lebih bijak dalam membeli barang.

Sebagian besar hal yang aku pelajari dalam hidup adalah tentang kesalahan. Pelajaran terbaik datang dari kesalahan yang pernah kita buat. Kita tumbuh ketika kita belajar untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

That’s the biggest lesson I learned. Learn from mistakes.

Tulisan ini adalah bagian dari 30 Day Writing Challenge, di mana aku akan menantang diri sendiri untuk konsisten menulis selama 30 hari penuh dengan pertanyaan atau topik yang sudah disiapkan setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!!