Day 4 #30DayWritingChallenge

Are you early or nocturnal? Write the pros and cons of being one.

Plaza Ambarrukmo, October 2020

Bingung sebenernya aku ini seorang nokturnal apa bukan, tapi aku juga lupa kapan terakhir kali tidur lebih awal atau lebih tepatnya tidur di bawah jam 10 malam. Mungkin gara-gara kebiasaan begadang yang udah mulai aku lakuin dari sejak masih SMP. Lupa juga dulu mulai sering begadang karena apa, tapi yang pasti bukan gara-gara ngerjain tugas sekolah haha.

Nokturnal biasanya untuk mendeskripsikan hewan yang tidur pada siang hari, dan aktif pada malam hari. Orang-orang yang nokturnal juga ngerasa kalau mereka lebih aktif ketika di malam hari, lebih bertenaga, dan nggak ngantuk. Sedangkan aku nggak ngerasa lebih aktif di malam hari, sama seperti manusia pada umumnya yang bakal ngantuk kalau memang udah waktunya tidur. Memang ada beberapa saat aku ngerasa lebih aktif di malam hari. Beberapa tulisanku juga ada yang aku tulis di malam hari, tapi itu juga nggak cukup buat bukti kalau aku memang bener-bener seorang nokturnal. Aku masih sering kok bilang, “Besok ajalah.” waktu mau ngelakuin sesuatu di malam hari.

Aku pernah baca penyebab orang masih terjaga sampai larut malam itu karena pencahayaan apapun yang ada di dalem kamar dapat mengurangi tingkat melatonin, jadinya kita susah tidur. Mungkin gara-gara kebiasaan burukku masih mainan HP sampai lewat tengah malam yang buat aku jadi nggak tidur-tidur padahal sebenernya udah ngantuk.

Enaknya tidur lebih awal adalah waktu bangun tidur rasanya badan jadi seger, kepala nggak pusing, dan siangnya jadi nggak ngantuk. Melakukan aktivitas juga jadi lebih fokus dan bertenaga.

Nggak enaknya ya nggak bisa begadang. Mau bagaimanapun malam hari itu waktu di mana suasananya tenang. Banyak aktivitas yang bisanya dilakuin cuma di malam hari doang, karena biasanya pagi sampai sore kebanyakan orang waktunya habis buat sekolah, kuliah, atau kerja.

Kebiasaan memang bisa merubah pola hidup seseorang, terbukti dengan mulainya kebiasaanku begadang dari sejak masih SMP membuat aku nggak bisa tidur lebih awal. Bukan sepenuhnya nggak bisa. Aku masih sering ketiduran kalau memang bener-bener lagi capek atau kalau besoknya ada acara yang mengharuskan bangun lebih awal makanya aku juga harus tidur lebih awal.

Kembali ke pertanyaan awal, apakah aku ini seorang nokturnal apa bukan? Untuk saat ini mungkin aku bakal jawab flexible (lebih tepatnya nggak yakin haha).

Tulisan ini adalah bagian dari 30 Day Writing Challenge, di mana aku akan menantang diri sendiri untuk konsisten menulis selama 30 hari penuh dengan pertanyaan atau topik yang sudah disiapkan setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!!